Selasa, 20 Januari 2009

tuntunan Islam membawa kebaikan

Setiap perintah, anjuran atau larangan dalam Islam pasti mengandung hikmah dan pelajaran demi kebaikan hidup di dunia dan di akherat kelak.

Hikmah dari ajaran Islam itu adakalanya dijelaskan dengan tegas oleh Allah atau Rasul-Nya, ada pula yang tidak dijelaskan, tetapi sebagai muslim kita meyakininya bahwa semua yang datangnya dari Allah dan Rasul-Nya itu pasti baik.

Sebagai contoh. Nabi menuntunkan kepada kita, bila ada lalat yang jatuh ke dalam minuman kita. Supaya kita membenamkan lalat tersebut baru kita buang lalatnya dan minumannya tetap kita minum.
Apa kira-kira yang terbayang di kepala kita? Mungkin sekali kita menganggap itu sesuatu yang menjijikkan. Mungkin sekali bila hal itu menimpa kita, kita langsung membuang minuman tersebut. Padahal tuntunan dari Nabi tidaklah demikian. Mungkin juga kita lalu bertanya, kenapa hal seperti itu juga diatur?

Tapi kalau kita mengaku sebagai umat Nabi SAW, kita pasti tetap melaksanakan tuntunan itu meskipun akal kita menolak. Karena kita yakin bahwa apapun yang dituntunkan Nabi SAW pasti berbuah kebaikan.

Tidak ada komentar: